Anak Senang, Akupun Senang

 


Foto Pertama ya itu Kelas 10 Red - Asuhan Bu Uztadzah Dwi Ariyanti 
        Salah satu kelas favoritku, yang dimana setiap aku masuk ke kelas mereka, aku selalu disambut dengan bahagia. "Good Morning Mister Mapudddd", aku selalu ingat raut wajah dan suara mereka kala menyapaku. Oh iya, kali ini aku bermain game bersama mereka, jadi disini mereka aku ajak bermain rebutan kursi. Nah rulesnya adalah, main berenam dengan 5 kursi, ketika lagu diputar mereka akan berjalan sambil joget mengelilingi kursi, ketika lagu berhenti, mereka harus duduk dan yang tidak mendapatkan kursi, maka harus menjawab soal yang saya berikan seputar Simple Present Tense, Simple Future Tense dan Present Continuous Tense.

Foto Kedua Kelas 11 yang diasuh langsung oleh Bapak Mandor Sigit Purwanto

        Kelas 11 adalah kelas paling fun dari semua kelas yang aku ajar, yap karena ada Syendio, Ishom dan Rafi Atsal. Yang selalu kuingat dari kelas ini adalah,  ketika mereka conversation, mereka selalu berbicara dalam bahasa inggris dengan logat mereka masing-masing, ada yang sunda, jawa, madura, ngapak dll. Sangat keren sih, oh yaaa di foto kali ini, karena masih dalam suasana hari ulang tahun SPSS, jadi hari itu aku mengajak mereka untuk mendesain ucapan selamat ulang tahun melalui canva, aku salut sih mereka sangat antusias membuat desain tersebut, hasil yang mereka buatpun lumayan bagus kok. 

Foto Terakhir Kelas 12, Kelasku tercinta 💞
        Kelas ini..... hmmm apa ya yang menarik? Gaada kayanya, eh ada deh, yang menarik dari kelas ini adalah anak-anaknya suka debat dan suka banyak nanya, kenapa aku bilang menarik? Karena orang yang ingin tahu dan banyak nanya, menurutku dia orang yang cerdas. Rata-rata anak di kelas 12 seperti itu. Baiklah, kembali ke topik yang disuruh sama Bu Capri (yah ketahuan kalau aku nulis blog ini karena disuruh wkwk) yaaaaa... aku ingin ngasih tau kalau pelajaran kelas 12 kemarin, kita nyanyi-nyanyi berkedok listening.. he he he ..... jadi disini aku ngasih lirik lagu yang beberapa katanya hilang, lalu mereka mendengarkan lagu yang kuputar kemudian mengisi lirik-lirik yang kosong. Udah selesai semua, kemudian aku menyiksa mereka untuk menterjemahkan ke dalam bahasa indonesia setiap bait liriknya... Dannn di akhir pelajaran, kita nyanyi bareng deh he he he.....

Okeeiii, ketiga foto diatas sangat menyenangkan semua, namun dari 3 kelas itu, menurutku kelas yang sangat enjoy adalah kelas 10 Red dengan games dan media yang aku sajikan.... terlihat mereka mau mendengarkan instruksiku kemudian melakukannya, dan selain bermain game, kita juga belajar. Itu sih poin pentingnya, mengemas pembelajaran menjadi menarik dan asyyyiiikhhh....

Dari semua yang aku utarakan di blog ini, aku bisa belajar bahwa belajar sambil bermain itu menyenangkan dan belajar dengan cara membuat siswa nyaman sama kita itu justru siswa dapat mengambil hikmah dari pelajaran yang kita sampaikan. Dari bermain game juga dapat menyatukan dua tipe siswa yang memiliki kecerdasan kinestetik dan kecerdasan kognitif mengambil nilai-nilai dari pelajaran yang kita sampaikan. Lalu pembelajaran tipe seperti ini sangat cocok untuk siswa SPSS yang memiliki minat belajar akademik yang menurutku sedikit kurang antusias. Jadi aku akan terus menggunakan model pembelajaran seperti ini. Doakan aku bisa selalu kreatif yaaaa bestieeh... 💓💓

Evaluasi diriku ya 6/10 deh ya hehe,untuk perbaikannya aku akan selalu mengupayakan pembelajaran bahasa inggris di kelasku menjadi menyenangkan dan bermanfaat bagi muridku. Selalu belajar dari kesalahan dan selalu menerima masukan. Mohon masukannya kawanquuee


_semoga senang membaca blogku_

Comments

  1. Pak Mapuddd sangat antusias sekali dalam media pembelajaran, contohnya ketika akan menjelaskan materi tentang procedur text, Pak Mapuutd sampai mebeli bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sandwich. Sangat niat sekali bukan?
    Hal yang ingin saya terapkan di pembelajaran ilmu pengetahuan sosial adalah metode di kelas 10 Red yang menggunakan lagu dan kursi. Tentu saja setelah materi selesai baru bisa dijalankan media tersebut.
    Saya sangat senang mempunyai guru-guru yang super kreatif dan tidak pelit ilmu untuk berbagi dengan teman-teman yang lain.
    By the way, caption yang tulis anak-anak kelas sebelas bagaimana ya? apakah ada kriteria tertentu atau bebas asalkan menggunakan bahasa Inggris?

    ReplyDelete
  2. Seperti biasa, tulisan Pak Macfud super enak dibaca, luwes dan menyenangkan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan seakan ngobrol langsung dengan orangnya. Wah, pasti seru ya waktu game berebut kursi. Bisa banget tuh saya ATM, tapi di sisi lain takut anak-anaknya ricuh hehe. Yang pasti kalau mau coba-coba, saya harus tanya dulu nih resepnya supaya anak-anak tetap tertib di kelas. Waktu anak-anak pegang HP waktu itu, saya ajak mereka membuat teks deskripsi tempat wisata sih, jadi mungkin telat kalau mau mencoba membuat gambar atau poster ya. Intinya, pelajaran Bahasa Inggris Pak Macfud selama ini terlihat sangat menyenangkan ya, ada-ada saja sih idenya Pak Macfud, kreatif banget ya.

    ReplyDelete
  3. Setelah saya membaca blog kaka mahfud saya sangat terinspirasi untuk menerapkan permainan yang sama. Bolehkan pak? Tak ngambek kan? Heheh mau saya ATM untuk besok pagi. Intinya pembelajaran yang menyenangkan membuat mereka senang. Tetapi kita juga tahu bahwa saat permainan dan saat nya serius heheheh agar pembelajaan yang diinginkan juga tercapai. TAPI FOTO KELAS X BLUE KOK GAK ADA hmmmmmmmm. Kita harus sering sharing ya kak dalam membuat pembelajaran yang menyenangkan. Tulisan pak mahfud keren seperti biasa, sangat komunikatif dan mudah dicerna hehehe daripada blog saya. Saran saja itu fotonya dipercantik dikit biar keren hehehe. Kriteria penilian juga jangan lupa yak dibahas karena itu bagian dari paragraf 3. Selalu semangat

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Seperti biasa, Pak mahfud sangat pandai dalam merangkai kata-kata hingga saya mengalir dalam membaca tulisan di blognya. Bahasa Inggris akan selalu bersemangat dan antusias kalau masuk dalam kelasnya. siswa SPSS dengan kemampuan motorik yang lebih dari anak di sekolah akademik pada umumnya. Berarti siswa akan senang juga belajar dengan bergerak,. Siwa akan ter inisiasi aktif jika guru atau pemimpin yang didepan bisa membawakan suasana belajar dengan aktif dan menyenangkan. Saya juga setuju bahwa kita juga harus memberikan transparasi penilaian terhadap siswa. Entah itu penilaian kognitif, ketrampilan, maupun afektif. Penilaian sikap dapat dilakukan dengan cara observasi oleh guru kelas dan guru mata pelajaran selama satu semester, penilaian diri dan penilaian antar teman. Penilaian sikap dilakukan dengan teknik observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter peserta didik, yang hasilnya dapat dijadikan sebagai salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

    ReplyDelete
  6. Saya setuju dengan pak mahmud. Memang, belajar dengan bermain sangatlah menyenangkan. Selain itu, pelajaran pun akan mudah masuk ke otak karena fokus kita hanya bertahan paling juga Cuma 10 menit pertama. Jika hanya teori, membaca teks dalam bahasa inggris yang tidak dipahami, tentu saja akan sangat sangat membosankan. Mungkin itulah yang saya rasakan ketika saya duduk di bangku sekolah dulu. Tidak ada kalimat yang nyantel di otak. Satu dua kosa kata saja yang masih teringat. Namun, jika disuruh ngomong tidak bisa. Itulah pentingnya mengajarkan anak kalimat ya pak seperti yang saya dapatkan di pare. Setelah solat subuh langsung memorize beberapa kalimat untuk disetorkan ke coaches asrama.

    ReplyDelete
  7. Mr Mahfudz dengan jargon anak senang akupun senang itu bentuk dari inspirasi yang dikeluarkan oleh Mr Mahfudz dengan pembelajaran yang menyenangkan. Oleh karena itu, maksudnya adalah kita harus mencontoh Mr Mahfudz agar belajar dengan didasari rasa senang agar sesuatu yang kita dapat menjadi senang juga. Setidaknya kita merasa puas jika bisa menyalurkan hasrat mengajar kita sesuai dengan keinginan dan harapan kita. Bukan begitu Mr Mahfudz, pasti jawabnya tidak. Wkwkwk
    Tapi intinya Mr Mahfudz mengaja r kan anak anak dengan bermain kita juga bisa belajar dan sebaliknya belajar dengan bermain juga akan sangat menyenangkan dan membuat ketagihan belajar dan terus belajar. Untuk Mr Mahfudz mungkin boleh dong di share permainan apa saja yang bisa dipraktikkan oleh teman teman yang lainnya. Good job Mr Mahfudz..

    ReplyDelete
  8. memang mas macfud kalau belajar sambil bermain membuat anak lebih antusias, mikir mereka sih mau bermain nanti jadi mereka senang padahal dalam permainan tersebut tersirat meteri pelajaran yang harus mereka kuasai. tapi jangan sampai lupa dengan pembelajaran ya mas macfud, menambah kosa kata mereka. lebih variatif untuk anak-anak dalam conversation. keseharian ketemu mas macfud anak harus berbicara bahasa inggris hehehee tapi saya nggak ikut-ikut ya, saya sangat kurang dalam kosa kata bahasa inggris hehehhee
    untuk permainan dalam pelajaran nanti pas internet lab jalan mau aku buat permainan mas supaya lebih seru,,, hehehe
    tetep berkreasi ya mas biar anak-anak suka dalam belajar bahasa inggris dan mereka meresapi pelajarannya jadi bisa dilaksanakan dalam kesehariannya good job

    ReplyDelete
  9. Keren pak Mahfud yang sudah mencoba berbagai media untuk diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar, pelajaran bahasa memang banyak diinovasikan dengan bernagai media tetapi sekali lagi target penilaian apakah memang sudah dapat tercapai ? hehe. untuk pelajaran bahasa inggris targetnya siswa harus bisa conversation ya kak, hehehe. tapi sebelum siswa yang coversation tidak ada salahnya kalau dimulai dari tim guru dulu, hehehe
    Tetap semangat dan terus berinovasi kakak mahfud,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts