Ngikutin Zaman Biar Gak Ketinggalan Zaman? Perlu Gak Sih?

Selamat datang kembali di laman tulisan aku ya teman-teman...

Sebelum masuk ke topik utama kali ini, boleh dong dari teman-teman semua merespon judul aku? Tinggal jawab aja perlu atau engga? 

Siap untuk menjawab? 

1....

2....

3....

bagusssss..... jawaban teman-teman semua nanti akan aku follow up untuk pendapatnya juga kenapa kalian menjawab tersebut.


Baiklah teman-teman, kira-kira apa sih gambar yang aku sematkan di atas?

Jadi teman-teman, di atas adalah sebuah web Kecerdasan Buatan atau Artifical Intelligence yang sering disingkat AI. Pasti dari sebagian teman-teman sudah mengetahui apa itu AI dan mungkin sudah pernah menggunakannya.

Oke buat teman-teman yang belum mengetahui apa itu AI, AI adalah sebuah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia seperti pembelajaran, pemecahan masalah dan pengenalan pola. (sumber: amazonweb.com)

Nih lebih jelasnya, teman-teman bisa mencari sesuatu hal yang ada kaitannya dengan materi pembelajaran melalui AI ini, jadi teman-teman yang berprofesi sebagai guru jangan khawatir karena tidak memilki buku panduan/lks/modul, semua materi terkait pembelajaran teman-teman bisa diakses di AI. 

Sebagai contoh di atas saya ingin membenarkan sebuah kalimat dengan menggunakan grammar yang baik dan benar. Wah dah hasilnya, AI dapat membenarkannya. Keren yaaa, kurasa kita sebagai guru harus dan wajib untuk mengikuti teknologi seperti ini sih, biar kita ga kamseupay. 

Selanjutnya, yang saya mau bahas dengan teman-teman disini adalah, apakah dengan teknologi yang maju seperti AI dapat mengajarkan pendidikan karakter kepada siswa? Saya rasa jawabannya tidak, kalau teman-teman gimana? Apakah setuju dengan pendapat saya bahwa pendidikan karakter tidak akan bisa diakses/diajarkan melalui AI. Maka dari itu kita sebagai guru yang kata orang jawa adalah digugu dan ditiru, kita harus dapat mengajarkan pendidikan karakter yang baik dan benar kepada siswa karena apa? Ya karena kalau kita hanya mengajarkan materi saja untuk apa? Toh materi dapat diakses di internet, esensi kita sebagai guru saat ini ya menjadi panutan (digugu) yang kemudian akan diterapkan (ditiru) oleh siswa kita di kehidupan kita sehari-hari.

Kemudian teman-teman, terkait pembelajaran di kelas, kita bisa memanfaatkan AI ini sebagai media ajar kita, sebagai contoh untuk mengasah rasa keingin tahuan dari siswa, kita bisa menjelaskan materi kepada mereka hanya sebagian saja, nah yang sebagian, kita coba minta kepada siswa untuk mencarinya di AI, kemudian kita minta mereka untuk menjelaskan apa yang sudah di pelajari di AI. "Lalu kalau materi yang dijelaskan oleh guru hanya sebagian, sisa waktunya untuk apa?" Jangan khawatir, kita bisa mengajarkan pendidikan karakter yang tidak bisa diajarkan oleh AI tersebut, jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui kan? Materi tersampaikan dan pendidikan karakter kita ajarkan. 

Nah jadi itu saja teman-teman, sebelum mengakhiri blog ini, aku mau follow up pertanyaanku yang diatas, apa alasan kalian menjawab perlu/tidak perlu ngikutin zaman? Jawab di kolom komentar yaaa..


Terimakasih

Comments

  1. perlu karena kita juga diharuskan membaca realita dg mengikuti perkembangan zaman

    ReplyDelete
  2. AI hanya memberikan materi, tapi belum sampai ke tahap pemahaman, kreativitas, penalaran untuk siswa

    ReplyDelete
  3. Bahkan kalau tidak bijak menggunakan bisa melakukan plagiarisme.. sangat tak elok

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts